Selasa, 30 Desember 2014

USAHA WARUNG INTERNET



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Teknologi saat ini yang paling cepat berkembang adalah teknologi telekomunikasi dan teknologi informasi. Perkembangan ini sangat terlihat akselerasinya dalam kehidupan, dan hampir setiap sisi kehidupan kita selalu merasakan manfaat adanya perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi tersebut. Perkembangan tersebut akan menumbuhkan pula bisnis di bidangnya, sebagai contoh adalah internet dan komputer. Setiap perkembangan teknologi akan mendukung munculnya teknologi baru, atau fasilitas baru dalam suatu produk tersebut. Oleh karena itu maka produk-produk teknologi tersebut setiap saat akan naik dan terus meningkat jumlahnya.
Keadaan tersebut mengakibatkan keberadaan jasa rental dan pengetikan komputer tetap eksis walaupun telah banyak pesaing yang muncul dikotasalatiga sendiri. Jasa pengetikan menggunakan komputer tetap memiliki tempat tersendiri di masyarakat kini. Namun tidak disangkal, bahwa usaha rental dan pengetikan saat ini tidak dapat bertahan apabila hanya menggantungkan diri pada satu jenis usaha saja. Kenyataannya sekarang ini masyarakat dengan mudah dapat memperoleh satu unit komputer jika hanya digunakan untuk mengetik. Keberadaan komputer di rumah-rumah telah banyak. Namun kebanyakan pemilik komputer kurang memiliki keterampilan yang cukup untuk merawat komputer yang dimiliki. Oleh karena itu, usaha rental dapat dikembangkan dengan sub usaha servis komputer.
Jenis bisnis lain yang cukup berkembang dewasa ini adalah teknologi digital. Maraknya perkembangan handphone, terutama yang dilengkapi fasilitas kamera dan pemutar lagu, merupakan pasar yang potensial untuk dikembangkan lebih lanjut. Peluang usaha cetak foto digital dari handphone menjadi tren usaha yang cukup menjanjikan income yang tinggi. Agar dapat survive, maka bentuk usaha yang didirikan harus memiliki banyak produk jasa.
1.2     Tujuan
Tujuan dari Pembuatan Warnet diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Untuk melayani jasa ketik, browsing, dan lain-lain.
  2. Agar memahami tentang Internet.
  3. Mengetahui hal-hal positif yang bisa diambil dari membrowsing Internet.
  4. Tidak ketinggalan dengan negara-negara lain yang sudah lebih mengenal Internet.
  5. Membuka peluang usaha.
  6. Menjualkan barang dan membeli barang dengan mudah.





BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Kiat Wirausaha Warung Internet

A. Mengetahui Dasar-dasar Bisnis
Tanpa adanya pengetahuan dasar-dasar bisnis hanya akan membuat usaha anda seperti sebuah kelinci percobaan. Kemungkinan besar hanya akan banyak mengalami kegagalan. Tidak akan ada sukses tanpa sebuah pengetahuan. Yang terbaik adalah belajar sambil bekerja. Bekerja dengan orang lain dulu sebelum anda menjadi pebisnis sangat membantu anda menyerap ilmu dan pengalaman dan siap sukses.

B. Menjalin Kerjasama Dengan Orang Lain
Kerjasama dengan rekan, teman, mitra kerja dan klien sangat penting bagi perkembangan suatu bisnis. Merekalah yang akan memberi masukan, saran dan kritik dan membantu di saat-saat sulit. Seorang pebisnis harus mampu menjalin kerjasama dan bergaul untuk menjalin relasi bisnis denganseluas-luasnya.

                                          
2.2 Masalah yang timbul dari proyek usaha warnet.

o   Tempat yang kurang strategis
o   Hardware dan software yang kurang memadai 
o   Jumlah pengunjung yang sedikit.


Pemecahan masalah yang ditimbulkan dari proyek usaha warnet :

• Tempat yang kurang strategis :


1.      Perbanyaklah promosi seperti stiker, spanduk, pamlet, dan brosur.
2.      Usahakan tempat tersebut bersih dan nyaman.
3.      Usahakan pengunjung betah berada disana karena semua kebutuhanya terpenuhi seperti, makanan, minuman, toilet dan semua yang dibutuhkan pengunjung.

• Hardware dan software yang kurang memadai :

1.      menambahkan apa saja yang kurang.
2.      Selalu mengupdate software terbaru.




2.3 Analisis SWOT

Pengertian / Tujuan Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.
Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities)yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Analisis SWOT Usaha Tersebut

Strenght :

  • Telah berpengalaman mendirikan dan memanajemen warnet
  • Mengetahui seluk beluk pasar dan konsumen di bukit danpalembangdan.
  • Memahami seluk beluk komputer dan internet.
  • Memiliki strategi sistem pemasaran dan publikasi yang terstruktur terhadap konsumen.
  • Mampu menyediakan pelatihan-pelatihan dasar baik komputer, software, hardware dan internet.
  • Mampu menyediakan usaha-usaha lain di bidang komputer, seperti percetakan, rental, on line games, dll.

Weakness :                  

  • Tidak mempunyai tempat sendiri untuk usaha.
Opportunity :  
  • Warnet saingan sangat lambat dan sangat mahal (Rp 7.000 / jam).
  • Lokasi adlah pusat kos-aan mahasiswa, dan terdapat perguruan tinggi negeri terbesar.
  • Konsumen pelajar yang belum terjamah sebagai target konsumen potensial.

Threat :     


  • Mahasiswa yang kos akan pulang kampung pada saat liburan.
  • Konsumen umum (selain mahasiswa dan pelajar) belum mengenal komputer dan internet.
  • Telah ada warnet di sekilar lokasi.




BAB III
Penutup
3.1  Kesimpulan
Perkembangan teknologi pada saat ini sudah tidak terbendung lagi. Bahkan pada saat sekarang setiap detik manusia tidak akan lepas dengan teknologi. Segala aspek kehidupan kini terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terutama komputer. Segala macam kegiatan manusia sudah dipermudah dengan adanya komputer. Namun demikian, banyak praktisi dalam dunia kerja yang kesulitan mengikuti perkembangan jaman karena usia yang tidak muda lagi. Kondisi masyarakat yang sebagian besar masih berada di bawah garis kemiskinan diperparah dengan kondisi perekonomian negara yang masih belum stabil. Hal hal yang perlu diperhatikan pada saat bisnis Warnet  adalah:  Lokasi,  Koneksi internet, Spesifikasi unit computer dan Ruangan.

BAB IV
DAFTAR PUSTAKA

1.      http://makalahsekolah.wordpress.com/2012/05/22/makalah-kewirausahaan-tentang-membangun-usaha-warnet/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar